3 Dampak Negatif Tenaga Endogen Bagi Kehidupan Kita

Diposting pada

Semua yang terjadi pada Endogen tidak hanya hal-hal yang bermanfaat bagi kita, beberapa diantaranya dapat merugikan kehidupan manusia.

Kalau sebelumnya kita sudah pernah membahas beberapa dampak positif karena tenaga Endogen, kali ini kita juga harus tahu dan memahami apa saja dampak negatif dari tenaga Endogen bagi kehidupan manusia.

Mungkin bisa kita sampaikan salah satu dampak negatif terjadinya Endogen yaitu adanya gempa bumi, banyak diantara keluarga kita yang pernah mengalami gempa bumi. Contohnya di Aceh, gempa bumi dapat merusak bahkan merubuhkan bangunan yang dihuni oleh kita.

Gempa bumi ini sangat merugikan manusia apabila skalanya besar, kalau kecil tentunya tidak akan merusak bangunan-bangunan yang ada.

Artikel terkait : Dampak Positif Tenaga Endogen Bagi Manusia

Untuk lebih lengkapnya apa saja kerugian yang bisa kita terima karena terjadinya Tenaga Endogen, check this out bro:

Dampak Negatif Tenaga Endogen Bagi Umat Manusia

dampak negatif tenaga endogen bagi manusia

1. Gunung Api Meletus

Meletus balon hijau dorrr,hehehhe (serius amat bacanya). Dengan terjadinya proses Endogen, hal pertama yang dapat merugikan kita yaitu terjadinya letusan gunung api. Bencana ini bisa merusak dan membakar hutan yang ada disekitar atau lereng gunung berapi. Dan awan panas yang dihasilkannya juga bisa merusak kehidupan sekitarnya.

Gunung api meletus atau erupsi ini tidak dapat kita cegah, namun dapat kita hindari dengan melihat tanda-tanda gunung api akan meletus.

Kita juga perlu untuk melakukan beberapa langkah antisipasi apabila terjadi erupsi gunung api. Beberapa diantarnya yaitu dengan :

  • Menyiapkan sirine atau pengeras suara sebagai tanda apabila akan terjadi erupsi gunung berapi.
  • Membuat jalur lahar agar dapat menahan dan mengarahkan lahar ke tempat lain sehingga kerusakan dapat diminimalisir.
  • Membuat peta bencana gunung berapi, dengan ini maka masyarakat dapat mengetahui lokasi-lokasi mana saja yang aman dari erupsi gunung berapi.

2. Gempa Bumi

Gempa bumi juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Kenapa? Karena kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi ini juga sangat berbahaya, lebih lagi gempa bumi dapat menimbulkan tsunami. Beberapa dampak buruk gempa bumi adalah gedung rubuh, rumah dan bangunan lainnya rusak atau rubuh, jembatan hancur dan masih banyak lagi.

Langkah untuk meminimalisir kerusakan akibat gempa bumi adalah membuat bangunan yang tahan gempa, apalagi kalau daerah tersebut merupakan rawan gempa.

3. Lereng Curam

Tenaga endogen juga bisa membuat lereng curam yang nantinya dapat terjadi erosi atau longsor. Ini tentu saja dapat berbahaya bagi penduduk sekitar lereng tersebut.

Baca juga :