[UPDATE] Dampak Positif Tenaga Endogen Yang Membantu Kelestarian Alam

Diposting pada

Pada kesempatan yang sudah, kami sudah pernah membahas tentang apa itu Endogen dan macam-macam Endogen kepada para pembaca sekalian.

Sekedar ngingetin ya, harap kalian tahu dulu apa arti Endogen baru membaca materi ini tentang dampak positif tenaga Endogen bagi kelestarian alam sekitar.

Dampak Positif Tenaga Endogen

dampak positif tenaga endogen bagi manusia

Beberapa di bawah ini mengenai dampak positif Endogen ada 5, apabila kalian memiliki informasi lainnya harap hubungi kami agar kami dapat mereview dan mengupgrade materi ini :

1. Area Tangkapan Air Hujan (Catchment Area)

Daerah yang ada tempat sebagai tangkapan air hujan berguna karena dapat menampung air hujan dan bisa dikeluarkan saat musim kemarau ke wilayah yang lebih rendah.

Contoh tangkapan air hujan adalah di Bogor dan puncak, disitu bisa bermanfaat bagi wilayah di bawahnya seperti Jakarta.

Kalau di pegunungan Dieng bisa jadi catchment arena untuk wilayah Banjar Negara dan wilayah sekitarnya.

Daerah dikatakan catchment area apabila disitu ditumbuhi tanaman besar yang bisa menyimpan air hujan dan ada diposisi yang lebih tinggi.

2. Sumber Bahan Tambang Dan Mineral

Kalau diantara kalian ada yang pernah refreshing di lereng gunung Merapisisi barat daya, maka kalian akan melihat terdapat penambang batu dan pasir di aliran sepanjang sungai, contohnya kali putih dan kali boyong. Nah, batu dan pasir tersebut adalah hasil dari proses vulkanisme saat gunung Merapi meletus.

3. Sebagai Pembangkit Listrik

Manfaat positif lainnya dari terjadinya tenaga Endogen yaitu dapat menjadi pembangkit listrik tenaga uap atau panas bumi. Air yang ada di dalam tanah akan bertemu dengan batuan yang panas.

Dengan demikian maka akan terjadi uap panas. Uap inilah yang nantinya akan terkumpul di suatu rongga di dalam tanah. Uap ini memiliki tekanan yang sangat tinggi dan bila keluar ke permukaan bumi akan memberikan daya dorong yang sangat kuat. Tenaga inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin tenaga listrik. Contoh pembangkit tenaga listrik menggunakan tenaga uap adalah PLTU Paiton (Jawa Timur).

4. Habitat Berbagai Fauna Dan Flora

Beberapa binatang yang ada di Indonesia barat dan timur mempunyai jenis yang berbeda-beda. Hewan di wilayah timur Indonesia mempunya persamaan dengan hewan yang ada di wilayah Australia, kalau di wilayah barat Indonesia mempunyai persamaan dengan yang ada di wilayah Asia.

5. Wisata dan Laboratorium Alam

Contoh tempat wisata adalah di puncak gunung Bromo, dan plato dieng sebagai laboratorium geologi.

Artikel Geografi lainnya :