8 Jenis, Arti Dan 3 Kriteria Danau Yang Ada Di Bumi

Diposting pada

Dengan memandang pemandangan yang indah tentu saja dapat membuat mata, hati dan raga kita menjadi segar dan memiki energi lebih.

Kenapa? Karen kita dapat menikmati alam sekitar yang sejuk, rindang dan tenang.

Salah satunya kita bisa mengunjungi danau, berwisata di tempat ini dapat membuat kita terlepas dari rasa jenuh rutinitas sehari-hari.

Namun, yang disebut dengan danau itu apa sih?

Tahu nggak….

Tahu, cuma bingung mengungkapkannya! Nah, gue bantu untuk menjelaskannya ya?hehehehe

Arti Danau

arti sungai

Yang disebut Danau adalah air dalam jumlah yang banyak dan terdapat di basin daratan, kedalaman yang cukup dan dapat menimbulkan gelombang.

Baca juga :

Kriteria Danau

Kriteria danau harus berdasarkan 3 hal, yaitu :

  1. Memiliki permukaan air yang cukup luas sehingga disitu dapat menimbulkan gelombang.
  2. Memiliki kedalaman yang cukup jadi ada strata suhu di kedalaman air.
  3. Vegetasi yang ada di atas air tidak menutupi semua permukaan danau.

Jenis-jenis Danau

Danau bisa jadi terjadi di berbagai wilayah daratan, mungkin di sekitar kita baik dekat atau yang jauh. Berikut jenis-jenis danau yang bisa kita temui di berbagai Negara dan dalam negeri:

1. Danau Glasial

Danau glasial bisa terjadi dikarenakan terjadinya erosi dan pengendapan karena aktivitas gletser di lereng bukit dan pegunungan.

Contoh danau glasial : danau Stanley (Idaho), danau huron (Kanada).

2. Danau Vulkanik

Danau vulkanik terjadi karena terjadinya aktivitas vulkanik. Contoh : Kaldera (terjadi karena letusan gunung berapi dan air tergenang karena air hujan), kawah gunung kelud, kawah gunung tangkuban perahu dan danau maninjau (Sumatera Barat).

3. Danau Tektonik

Danau tektonik terbentuk karena adanya gerakan lempeng tektonik. Gerakan lempeng ini bisa mengakibatkan patahan jadi terbentuk lembah (slenk), lalu lembah tersebut terisi oleh air hujan dan membentuk danau. Contoh tektonik : danau singkarak dan danau towuti.

4. Danau Tekto-vulkanik

Danau tekto vulkanik terbentuk diakibatkan karena adanya kegiatan tektonik dan vulkanik. Contoh danau tekto vulkanik : Danau Toba.

5. Danau Karst

Danau karst terbentuk diakibatkan karena proses solusi / pelarutan kapur karena air jadi terbentuk dolina atau dolin.

Nah, dolin ini lalu terisi oleh air hujan sehingga membentuk danau karst. Proses solusi kapur juga menjadi penyebab terjadinya subsiden (runtuhan) jadi dapat membentuk basin dan setelah itu terisi oleh air hujan dan membuat danau. Contoh danau karst ada di Yogyakarta (Gunung Kidul).

6. Danau Aliran

Danau aliran dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Danau Oxbow

  • Danau Lateral

    Danau lateral adalah danau aliran yang terbentuk karena sedimentasi yang besar jadi mampu menutup muara anak sungai dan terbentuk genangan di muara anak sungai. Kalian juga bisa mempelajari arti sungai dan jenis-jenisnya disini.

  • Danau Delta

    Danau aliran terbentuk karena adanya sisa aliran yang masih tertinggal. Kalau di aliran ini terisi oleh air maka bisa membentuk danau oxbow.

7. Danau Laguna

Danau laguna terbentuk karena terjadi kombinasi kerja antara angin dan ombak yang dapat mengakibatkan tanggul pasir di sepanjang pantai, lalu membentuk laguna.

8. Danau Waduk (Buatan)

Danau waduk ini bisa kita artikan merupakan danau yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kebutuhan pertanian dan kebutuhan lainnya. Contoh danau waduk : danau kedungombo dan waduk gajah mungkur.

Pembahasan materi geografi ini tentang jenis, arti dan 3 kriteria danau dimaksudkan agar kalian memahami dan semakin smart.

Jangan lupa untuk selalu giat belajar ya guys, dan kalau belajar dibuat enjoy aja. Nggak usah berat-berat mikirnya,hehehehehe 🙂