[UPDATE] Pelapukan : Pengertian Dan Macam-Macamnya

Diposting pada

Pelapukan ini merupakan salah satu tenaga eksogen yang dapat membuat bentuk muka bumi. Yang dimaksud pelapukan adalah kejadian hancurnya bentuk gumpalan menjadi butiran yang kecil bahkan bisa larut di dalam air.

Macam-Macam Pelapukan

Pelapukan Pengertian Dan Macam-Macamnya

Pelapukan memiliki macamnya, diantara yaitu :

  1. Pelapukan Fisik

    Pelapukan fisik terjadi karena adanya tenaga panas, air mengalir, gletser, angin dan hujan. Pelapukan fisik terjadi secara natural tanpa adanya campur tangan kita. Semua proses pelapukan ini sangat dipengaruhi kondisi alam suatu daerah.
    Batu-batuan yang setiap hari terkena sinar matahari pada siang hari dan malamnya menjadi dingin lambat laut batu tersebut akan terkikis dan menjadi lapuk.

  2. Pelapukan Kimiawi

    Pelapukan kimiawi terjadi dikarenakan adanya proses kimiawi sehingga batuan akan menjadi lapuk. Contoh pelapukan kimiawi adalah batuan kapur yang terus terkena air.
    Batuan kapur atau gamping dengan rumus kimia CaCO3 apabila tercampur dengan air hujan (H2O) yang mengandung CO2 maka akan larut menjadi Ca(HCO3). Inilah contoh pelapukan kimiawi.
    – Adanya gua di bukit kapur merupakan salah satu akibat pelapukan kimiawi.
    – Di atap gua yang ada yang terbentuk kerucut kapur yang disebut dengan stalaktit dan stalagmite.
    – Yang dimaksud dengan stalaktit adalah kerucut kapur yang bergantungan di atap gua.
    – Dan stalagmit adalah kerucut kapur yang berdiri di dasar gua.

  3. Pelapukan Organisme

    Pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup dinamakan pelapukan biologis atau pelapukan organis. Akar tumbuhan bisa menembus batuan sampai batuan menjadi retak dan lapuk. Contoh lainnya yaitu semut, cacing, tikus dapat merusak batuan sampai batuan tersebut lapuk.

Artikel terkait :