Pola Aliran, Profil Dan Manfaat Sungai Bagi Manusia

Diposting pada

Sungai merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup, terutama bagi manusia. Mengapa demikian?

Hal ini karena lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air, sehingga konsumsi air bersih kita harus terpenuhi agar kita tetap sehat.

Salah satu sumber air yaitu dari sungai dekat rumah kita, namun tidak sedikit juga yang lokasi sungai jauh dari pemukiman penduduk.

Sungai juga memiliki pola aliran, profil dan manfaat yang berguna bagi manusia bahkan bagi semua yang ada disekitarnya.

Pola Aliran Sungai

Pola Aliran, Profil Dan Manfaat Sungai Bagi Manusia

Di permukaan bumi yang kita injak ini ada bentuk pola aliran sungai jarang sekali kita ketahui, hal ini karena kita sering melihat sungainya saja tanpa melihat unsur lain yang ada.

Baca juga :

Pola aliran sungai dipengaruhi dengan adanya struktur geologi dan morfologi lahan. Penjelasannya seperti berikut ini :

  1. Pola Radial

    Pola radial terdiri dari pola radial memusat dan pola radial menyebar. Dan pola radial memusat terjadi di wilayah seperti basin, kalau untuk pola radial menyebar terjadi di wilayah yang bentuknya kubah atau dome.

  2. Pola dendritik

    Pola dendritik ini bentuknya tak teratur, anak sungai yang tujuan akhir ke induk sungai dengan bentuk sudut lancip dan tumpul. Biasanya dendritik ini terjadi di wilayah dataran rendah.

  3. Pola trellis

    Pola aliran sungai ini ada di wilayah lipatan. Anak sungai yang sejajar dengan induk sungai namun alirannya bertemu dengan membentuk sudut siku-siku.

  4. Pola rectangular

    Pola aliran sungai ini terjadi di wilayah lipatan juga. Namun bentuk anak sungai yang menuju induk sungai sudut siku.

Profil Sungai

Profil sungai bisa dibagi lagi menjadi seperti berikut :

1. Sungai bagian hulu

Bentuk sungai yang ada di hulu yaitu V, bentuk ini diakibatkan karena lereng yang terjal jadi arus air menjadi cepat. Hal ini lalu berlanjut menimbulkan erosi vertikal jadi lebih cepat.

2. Sungai bagian tengah

Sungai tengah ini memiliki lembah yang bentuknya U, dibagian tersebut terjadi erosi secara vertikal mulai mengecil dan erosi melebar secara horizontal dan semakin besar.

3. Sungai bagian hilir

Sungai hilir ini bentuknya U melebar, gejala erosi vertikal memang tidak ada akan tetapi erosi secara horizontal tetap ada. Ciri-ciri sungai bagian hilir yaitu :

  • Endapan material halus
  • Bentuknya sering delta
  • Adanya tanggul alam

Manfaat Sungai

Sungai memang menjadi salah satu hal yang memiliki peranan sangat penting untuk kehidupan manusia, hewan dan alam. Sebelumnya kami juga sudah pernah membahas arti sungai kepada para pembaca sekalian.

Sudah dari lama sekali manusia menggunakan sungai untuk memenuhi kebutuhannya. Oke mari kita bahas satu persatu manfaat sungai di bawah ini :

  1. Penyuplai kebutuhan rumah tangga atau industry
  2. Lokasi untuk budidaya ikan air tawar
  3. Sebagai sarana transportasi, contoh : di daerah papua, Kalimantan dan sumatera.
  4. Irigasi untuk mengairi pertanian
  5. Pembangkit listrik
  6. Lokasi pengambilan bahan baku bangunan, contoh : pasir dan batu.
  7. Objek wisata air

Beberapa referensi penunjang yang bisa dipelajari yaitu dampak positif tenaga eksogen bagi kehidupan manusia dan 3 jenis siklus air pendek, sedang dan panjang.