[LENGKAP] Penjelasan Semua Proses Tektonisme Dari Awal Sampai Akhir

Diposting pada

Sebelumnya kita juga sudah membahas materi geografi yang lainnya seperti endogen, eksogen, jenis-jenis tanaman perkebunan dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu yang lalu ada yang pernah bertanya kepada saya bahwasannya apa saja yang jadi proses tektonisme. Dan mengapa bisa terjadi?

Karena pertanyaan inilah saya mau memberikan informasi tentang proses-proses Tektonisme dari awal sampai akhir. Semoga ini bisa menjawab pertanyaan dari semua orang yang sedang membutuhkan informasi tentang tektonisme ini.

Arti Tektonisme

Yang pertama kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan Tektonisme? Nggak lucu dong kalau kita bahas prosesnya tapi nggak tahu artinya apa.hehhehe 🙂

proses tektonisme dari awal sampai akhir

Arti dari Tektonisme adalah terjadinya perubahan pada posisi lapisan kulit bumi (horizontal atau vertikal). Kalian juga harus memahami terlebih dahulu pengertian endogen dan eksogen agar kalian dapat memahami materi tektonisme ini dengan lebih luas. Dan berdasar kecepatan luas wilayah dan gerak tektonisme dibedakan menjadi epirogenesa dan orogenesa.

1. Epirogenesa

Arti epirogenesa adalah lapisan kulit bumi bergerak secara horizontal atau vertikal yang diakibatkan karena adanya pengangkatan atau penurunan pada permukaan bumi yang terjadi sangat lambat dan wilayahnya mencakup luas. Dan epirogenesa ini dibagi menjadi dua, yakni Epirogenesa Positif dan Epirogenesa Negatif.

2. Orogenesa

Arti orogenesa adalah gerakan yang terjadi di lapisan kulit bumi secara horizontal atau vertikal yang ditimbulkan karena adanya pengangkatan atau penurunan permukaan bumi dengan cepat dan meliputi wilayah sempit. Contoh Orogenesa yaitu pembentukan deretan sirkum pasifik.

Materi selanjutnya akan membahas macam-macam tektonisme berdasar bentuknya. Semoga ini bermanfaat dan membantu kalian.
Terimakasih dan salam cerdas.

Quote dari saya : “Karena Belajar Tidak Akan Membuat Anda Tidak Bisa Mempelajari Suatu Hal