Cuaca Dan Iklim : Unsur-unsur Yang Mempengaruhi Dan Artinya

Diposting pada

Akan kami berikan ilustrasi untuk lebih memudahkan tentang kondisi cuaca yang ada di wilayah tertentu, simak baik-baik ya:

Di suatu daerah bernama Bandung, tepatnya di pagi hari udara terasa sejuh, bersih dan langit tak ada awannya. Suhu disini sekitar 25 derajat celcius dan angin berhempus sepoi-sepoi dan kecepatan anginnya 8 km/jam”

Sedangkan di daerah ciamis, pada hari yang sama menunjukkan bahwa pagi hari berawan dan suhu sekitar 27 derajat celcius, kelembapan udaranya 85%, dan kecepatan angin disitu 10 km/jam,”

Dari gambaran di atas kita bisa mengambil kesimpulan kalau arti cuaca adalah keadaan udara di suatu wilayah yang waktunya cukup singkat dan lokasinya yang sempit. Waktu yang singkat ini bisa dilihat dari jangka waktu cuaca yang cuma hitungan jam saja, yakni terdapat perbedaan keadaan di siang dan pagi hari.

Di bidang pengetahuan geografi ada yang namanya meteorologi, yang disebut meteorologi adalah ilmu yang membahas semua tentang cuaca.

Arti Iklim

Sekarang tentu saja kalian sudah memahami apa itu cuaca, saatnya kita ke pembelajaran berikutnya. Arti iklim adalah kondisi cuaca rata-rata di wilayah yang luas dan waktunya cukup lama. Sedangkaln klimatologi adalah ilmu yang mendalami tentang iklim.

unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim

Unsur-unsur Yang Mempengaruhi Cuaca Dan Iklim

Ada beberapa hal yang dapat memberikan efek terhadap kondisi iklim dan cuaca, diantaranya yaitu ada 3 :

a. Radiasi Matahari

Radiasi matahari mampu memberikan panas ke permukaan bumi, radiasinya bisa sampai ke bumi dikarenakan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Ada beberapa daerah yang menerima gelombang elektromagnetik ini paling banyak seperti di wilayah tropis, sedangkan lokasi yang menuju kutub maka energi matahari akan terus berkurang oleh karena itu di kutub udaranya sangat dingin.

Baca juga :

Dampak radiasi matahari inilah yang mampu membuat cuaca bervariasi. Unsur gelombang elektromagnetik ini perlu menjadi perhatian dari sisi intensitas radiasi yang diterima dan waktu lamanya, radiasi matahari masuk ke atmosfer mencapai 100% tapi dipantulkan kembali ke luar angkasa sebanyak 34%, lalu atmosfer menyerap 19% dan terakhir sampai ke permukaan bumi sekitar 47%.

b. Temperatur Udara

Arti temperatur udara adalah suhu panas udara, dan setiap lokasi pasti berbeda-beda.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Suhu Udara Di Suatu Lokasi
  • Arah Datangnya Sinar Matahari
    Semakin tegak sudut datangnya sinar matahari maka akan berdampak temperatur udara akan semakin panas.
  • Tingkat Kecerahan Cuaca
    Apabila suatu daerah sedang dalam kondisi yang cerah maka energi sinar matahari akan lebih mudah sampai ke permukaan bumi tanpa hambatan yang berarti, ini mengakibatkan temperatur udara tambah panas.
  • Durasi Terpapar Sinar Matahari
    Kalau suatu wilayah durasi terkena sinar matahari lebih lama maka secara otomatis akan membuat wilayah tersebut semakin panas.
  • Posisi Lintang
    Kalau lokasi semakin dekat dengan garis equator maka suhu disitu akan bertambah.
  • Tingkat Ketinggian Lokasi
    Apabila kita mendekati lokasi pantai maka otomatis suhu akan bertambah. Dan kalu kita mendekati gunung maka suhu akan lebih sejuk.
    Berdasarkan teori Braak bahwa kalau setiap kita naik ketinggian 100 meter maka suhu akan berkurang sekitar 0,16 derajat celcius.

Untuk dapat mengukur suhu kita membutuhkan alat yang namanya termometer. Sedangkan termometer yang digunakan untuk mengukur suhu udara yakni termometer dinding (termometer maksimum-minimum). kalau termograph adalah termometer yang bisa mencatat dengan sendirinya, hasil dari catatan tersebut dikenal dengan termogram.

c. Tekanan Udara

Arti tekanan udara adalah tekanan udara yang diberikan oleh semua satuan luas bidang datar yang ada di muka bumi ke batas atmosfer. Jadi semakin tinggi suatu lokasi maka kerapatan udara akan semakin rendah jadi tekanan udara itu semakin ke atas jadi semakin rendah.

Baca juga :

  1. Arti dan riteria danau
  2. 5 Jenis lapisan atmosfer

Isobar adalah garis yang menghubungkan lokasi yang memiliki tekanan udara yang sama. Arti barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara.

Barograph adalah barometer yang bisa melakukan pencatatan sendiri. Dan barogram adalah hasil pencatatan barograph. Di bumi kita ini ukuran tekanan udara satu atmosfer (76 cm Hg).

d. Angin

Arti angin adalah udara yang bisa bergerak. Kenapa angin bisa terbentuk? Hal ini dikarenakan ada perbedaan udara antara lokasi satu dengan yang lainnya. Udara selalu bergerak dari daerah yang memiliki tekanan maksimal ke daerah yang memiliki tekanan udara lebih kecil atau minimal.

Arti konveksi adalah gerakan udara secara vertikal, kalau horizontal disebut dengan adveksi. Kalau untuk gerakan yang tak teratur disebut dengan turbulensi.

Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin.

Thank you guys 🙂