Siapa Saja Pengguna Informasi Akuntansi ? Ada 2, Pihak Internal dan Eksternal

Diposting pada

Semua perusahaan pastinya sangat membutuhkan laporan keuangan yang dibuat berdasarkan standar akuntansi yang ada.

Tentu saja informasi yang telah berhasil dibuat sangat dibutuhkan oleh beberapa pihak diantaranya seperti berikut ini:

Dari Pihak Internal

pengguna laporan keuangan akuntansi perusahaan

  1. Pemilik Perusahaan

    Pastinya yang memiliki perusahaan akan senantiasa terus mengawasi perkembangan perusahaan, apakah sedang dalam kondisi baik atau kurang.
    Dan memperhitungkan dari sisi apakah perusahaannya akan survive di kemudian hari meski banyak pesaing yang terus berdatangan.

  2. Manajemen

    Pihak manajemen perlu juga informasi akuntansi agar dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan dapat memperhitungkan rencana bisnis di masa yang akan datang.

Pihak Eksternal

1. Investor

Yang pertama yakni investor, kenapa harus investor. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum seseorang atau Lembaga memberikan dana mereka kepada perusahaan yang akan diberikan dana tersebut. Yang pertama perlu dicek yaitu laporan keuangan yang telah dibuat sesuai standar akuntansi, yang menggambarkan kondisi perusahaan.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah dimasa yang akan datang perusahaan tersebut dapat berkembang atau tidak.

2. Bank Atau Pemberi Pinjaman

Pihak pemberi pinjaman, dalam hal ini biasanya dari pihak bank. Mereka sangat membutuhkan laporan akuntansi untuk menilai apakah perusahaan tersebut sehat dari sisi keuangan, kelanjutan dan apakah ada resiko yang timbul di kemudian hari.

3. Governance (pemerintah)

Dalam hal ini pihak pemerintah juga membutuhkan informasi akuntansi suatu perusahaan guna mengawasi apakah perusahaan tersebut telah menjalankan perintah pembayaran pajak sesuai dengan tarif yang berlaku.

4. Karyawan

Karyawan juga perlu untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan yang dapat dilihat dari laporan akuntansi, hal ini berguna untuk menilai perusahaan tempat ia bekerja sehat atau tidak. Dan apakah perusahaan mampu untuk terus memberikan gaji atau kesejahteraan baginya.

Kalau kondisi perusahaan sedang dalam kondisi kurang sehat maka karyawan bisa untuk resign agar tak dapat kena pemutusan hubungan kerja.

5. Masyarakat

Masyarakat juga perlu untuk mengetahui laporan keuangan agar dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut telah memberikan data CSR sesuai dengan ketentuan atau belum. Atau juga bisa mengetahui dampak perusahaan tersebut terhadap lingkungan atau orang banyak.

Tahukah kamu kalau akuntansi bagi perusahaan itu sangatlah penting. Oleh karena itu jika kalian memang sedang menempuh Pendidikan di bidang akuntansi maka pelajari semuanya agar kalian mengetahui banyak hal, seluk beluknya juga.

Artikel terkait :

  1. Tujuan manajemen persediaan
  2. Perbandingan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

Thank you 🙂